Breaking News

Rektor Unipa Kunjungi Mahasiswa KKN

Rektor Unipa saat meminta keterangan mahasiswa di kampung inoduas. (Selasa, 09/07/2019)


Manokwari, Atmimpost - Rektor Universitas Papua (Unipa) Dr. Ir. Jacob Manusaway, M.H hari ini Selasa, (09/07) melakukan kunjungan ke setiap lokasi kuliah kerja nyata ( KKN) yang di tempatkan oleh kampus Unipa di beberapa distrik di kabupaten Manokwari.

Tujuan kujungan orang nomor satu Universitas Papua ini untuk melihat kondisi setiap mahasiswa yang sedang mengikuti KKN di masing-masin lokasi KKN. Selain itu rektor juga ingin melihat setiap dosen pengawas yang ditugaskan di setiap lokasi KKN itu apakah aktif mengawasi mahasiswa atau tidak? demikian disampaikan rektor Jacob saat tatap muka dengan mahasiswa KKN di lokasi kampung inoduas distrik Manokwari Utara.

Menurut rektor Jacob, Ia bersama bersama rombongannya melakukan kunjungan ke setiap lokasi KKN ini adalah bagian dari fungsi pengawasan langsung dari pimpinan Universitas sehingga dapat terkontrol langsung oleh atasan karena menurut rektor kebanyakan mahasiswa biasanya tinggalkan lokasi KKN lalu pulang kota tanpa ada keterangan yang jelas, dan juga biasa ada dosen yang ditugaskan untuk mengawasi mahasiswa KKN namun jarang turut ke lokasi KKN akhirnya fungsi pengawasan terhadap mahasiswa juga jarang sehingga kebanyakan mahasiswa harang berada pada lokasi KKN. Oleh sebab itu hari ini saya turun ke setiap lokasi KKN ini untuk pantau kondisi dari setiap mahasiswa di lokasi KKN.terang rektor Jacob.

Lanjut Rektor, saya turun langsung untuk melihat hasil kinerja dari mahasiswa program apa saja yang telah dilaksanakan mulai dari hari pertama setelah pelepasan peserta KKN pada tanggal 21 Juni hingga saat ini, ungkap rektor Jacob.

Rektor berpesan juga kepada semua peserta KKN untuk belajar baik2 dengan mengabdi kepada masyarakat sesuai disiplin ilmu yang dimiliki di kampus dan juga mahasiswa harus berbuat yang baik sehingga ilmu yang di kampus bisa diaplikasikan di lokasi KKN bersama masyarakat sehingga itu bisa menjadi bekal ketika sudah tamat nanti bisa siap mengabdi di dunia kerja nantinya,  jelas rektor Jacob. 

Sementara sekretaris kampung Inoduas Mesak Dowansiba mengatakan, sejauh kebersamaan dan kerja sama mahasiswa KKN khusus di lokasi kampung inoduas ini sangat luar biasa karena semua mahasiswa yang terdiri dari 14 orang ini semuanya selalu bekerja sama dengan masyarakat kampung terutama terhadap aparat kampung setiap program dari mahasiswa KKN ini selalu kerja sama dengan aparat kampung. ungkap Mesak.

Mesak juga memberikan apresiasi kepada rektor Unipa karena menurutnya dari KKN Sebelumnya belum belum perna ada rektor yang turun kunjungi mahasiswa, ini baru pertama kali dan patut diberi apresiasi oleh kami masyarakat dan aparat kampung. Menurutnya, pimpinan yang bertanggung jawab pasti melihat mahasiswanya seperti ini, ungkap Mesak.

Dalam kunjungan rektor di kampung inoduas ini mahasiswa dapat menjelaskan semua program kerja yang telah dilakukan sebagai laporan untuk pimpinan Universitas. Iwan Prasetya dan Issac Minipko selaku peserta KKN dapat menjelaskan beberapa program kerja yang telah dilaksanakan selama 2 minggu sejak di turunkan pada ranggal 21 Juni hingga saat ini. Program kerja yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah sebagai berikut:  sensus penduduk, pembuatan papan himbauan, pembuatan papan nama kepala keluarga, perbaikan papan struktur organisasi kampung, pembuatan papan 7 K, pembuatan papan PKK, pengecetan kantor balai kampung, sosialisasi cara sikat gigir yang kepada anak2 usia dini, pembuatan tong sampat bagi masyarakat, penanaman pohon, mengajar sekolah minggu, membantu mediasikan kenluhan masyarakat ke media, pembuatan website desa,   les kalistum dan bimbingan belajar bagi anak2 usia dini, pembuatan bedeng sebagai media pelajaran kepada masyarakat, dll.ungkap Iwan kepada saat menjelaskan kwpada rektor.

Kunjungan rektor ini didampingi oleh ajudan dan sekpri rektor melakukan peninjauan mulai dari kampung inoduas hingga ke areal distrik pantai utara. Sesuai jadwal rektor yaitu hari ini selasa, 09/07 rektor melakukan kunjungang khusus areal pantura.

(AP-Issac Minipko)




No comments