Breaking News

Mahasiswa KKN Unipa Melakukan aksi Jumat Bersih Bersama Masyarakat sebagai wujud menuju Lingkungan yang bersih dan sehat.

Foto: Mahasiswa KKN bersama masyarakat kampung Inoduas melakukan aksi bersih bersih. (Jamat, 28/06/2019)

Manokwari, AN - Kelompok Mahasiswa  KKN Universitas Papua (KKN UNIPA) yang berlokasi di kampung Inoduas pagu ini hari Jumat (28/06) melakukan aksi bersih-bersih kampung bersama dengan warga kampung Inoduas. Mahasiswa KKN UNIPA ini melakukan aksi bersih berupa ankat sampah pastik, kaleng yang terletak di depan halaman kampung dan dibawa parit pinggiran jalan, selain sampah juga nereka melakukan pembersihan  pemabatan rumput sepanjang jalan raya dalam halaman kampung.

Sebelum melakukan aksi bersih mereka melakukan senam pagi bersama ibu-ibu dan anak-anak dari kampung itu dari pukul 6.00 pagi hingga pukul 7.00 WIT dan melanjutkan dengan aksi bersih bersih. Setelah bersih bersih halaman dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama mahasiswa KKN dan masyarakat sesuai menu sarapan yang disiapkan mahasiswa KKN.

Aksi bersih bersih dan senam pagi ini merupakan program kerja dari mahasiswa KKN UNIPA tahun 2019 yang dibuat untuk masa KKN selama 2 bulan di kampung Inoduas nanti. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat karena hari Jumat ini ditetapkan hari Jumat bersih sehingga mahasiswa mengajak masyarakat setempat untuk turut terlibat dalam aksi bersih bersih guna mewujutkan kampung yang bersih dan sehat.

Demikian disampaikan ketua kelompok KKN Iwan Prasetya usai aksi bersih bersih. Menurutnya, kehadiran mahasiswa dalam rangkar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampung Inoduas ini merupakan pengabdian dan kerja nyata di masyarakat sehingga kita wujudkan sesuai program kerja yang sudah kita buat bersama, ucap Iwan. Dia mengatakan, mahasiswa mengajak masyarakat supaya terlibat langsung dan ini sebagai pembelajaran kepada masyarakat untuk bisa menjaga lingkungan kampung dengan baik karena menjaga lingkungan adalah bagian dari hidup sehat dan juga sesuai dengan program kerja bupati kabupaten Manokwari yaitu hari Jumat sebagai Jumat bersih, tutur Iwan.

Foto: Mahasiswa KKN bersama ibu2 dan anak2 kampung Inoduas bertempat di balai desa kampung Inoduas (Jumat, 28/06/2019)
Sementara Kaor Pembangunan kampung Inoduas Ronald Isak Awom mengaku bangga dengan aksi mahasiswa KKN karena sudah sangat membantu masyarakat dalam aksi pembersihan ini. Ia juga memberi apresiasi yang dan juga sebagai aparatur kampung Inoduas menyampaikan terima kepada pihak UNIPA yang sudah menempatkan mahasiswa KKN nya di kampung Inoduas. Saya sangat senang kehadiran adik2 mahasiswa KKN ini sangat membantu kami terutama kami aparat kampung karena apa yang adik2 mahasiswa lakukan ini juga sudah termasuk bagian dari program kerja pemerintah kampung Inoduas yang adik2 mahasiswa lakukan sehingga kami berima kasih, ungkap Ronald. Selama KKN kami dari aparat maupun masyarakat akan selalu dukung dan bekerja sama setiap program kerja yang dilakukan oleh adik2 mahasiswa KKN selama 2 bulan ini, imbuh Ronald.

Aksi bersih bersih dan senam sehat ini sebagai program kerja dari mahasiswa KKN yang disingkronkan dengan program kerja pemerintah kampung Inoduas yang berlaku selama 2 bulan KKN di kampung Inoduas. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk memberikan media pemblajaran kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan yang sehat dan bebas dari sampah serta memberikan semangat kepada ibu ibu dan anak anak melalui senam pagi. Diharapkan kampung Inoduas bisa menjadi kampung percontohan sebagai kampung sehat.(AN- Issac)

No comments