Breaking News

BEM Teknik Unipa Bertatap Muka dengan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Papua Barat

Tatap muka BEM Teknik Unipa dan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Prov.Papua Barat Bapak George Celsius Auparay.


Manokwari, Atmimpost- Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang didampingi stearing commuttee Fakultas Teknik hari ini Kamis, (29/08) melakukan tatap muka bersama dengan staf Ahli gubernur Bidang Kemasyarakatan provinsi Papua Barat George Celaius di ruang kerjanya pada pukul 10:00 - 12:30 WIT dengan tujuan meminta dukungan pemerintah daerah turut membantu dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam kampus terutama masalah sarana dan pra sarana belajar di kampus Unipa.

Salah satu persoalan utama yang diminta kepada pemerintah provinsi yaitu masalah SPP bagi mahasiswa khusus OAP perlu ada perhatian dari pemerintah sesuai amanah undang undang otonomi khusus tahun 2001 sehingga dapat mengurangi babaan masyarakat OAP yang berpengasilan rendah.

Selain SPP pemerintah juga perlu melihat sarana laboratorium pada setiap fakultas di kampus Unipa Manokwari. Demikian disampaikan gubernur mahasiswa fakultas teknik Universitas Papua Issac C. Minipko kepada media ini.

Hari ini kami ketemu Staf Ahli gubernur provinsi Papua Barat ini dengan tujuan untuk meminta dukungan dari pemerintah daerah provinsi untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan kemajuan Pendidikan dan SDM di tanah papua. Oleh sedab itu kami minta kepada bapak gubernur untuk melihat masalah masalah pendidikan di Papua seperti biaya SPP dan perlengkapan laboratorium di setiap fakultas, ungkap Issac.

Hal senada juga diperkuat oleh Stearing Committee Dewan Permusyawaratan Fakultas (DPF) fakultas teknik Albert Rumbarar. Menurut Albert, masalah dalam kampus bukan hanya tanggung jawab rektor dan dekan tetapi mahasiswa pun harus berpartisipasi untuk mencari solusi sama sama. Sehingga BEM yang punya tanggung jawab mewakili mahasiswa di tingkat fakultas dan Universitas untuk dapat mencari solusi bersama pimpinan Universitas dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam kampus, jelas Albert.

Sementara Staf Ahli gubernur Bidang Kemasyarakatan provinsi Papua Barat George Celsius Auparay, S.H, M.M,M.Hum mengatakan, terkait biaya SPP khusus untuk OAP perlu di berlakukan oleh pimpinan provinsi yaitu gubernur provinsi Papua dan Papua Barat. Menurutnya, semua mahasiswa yang kuliah di kampus negeri di tanah papua ini musti diakomodir oleh pemerintah melalui dana otonomi khusus yang ada karena Otsus diperuntukan khusus bagi OAP sehingga itu hak mutlak bagi mahasiswa OAP.

Untuk itu selaku staff gubernur Celsius mengaku akan melakukan koordinasi dengan gubernur provinsi Papua Barat untuk selanjutnya duduk bersama dengan gubernur provinsi Papua untuk membicarakan terkait hal ini sehingga seluruh mahasiswa OAP yang kuliah kampus negeri di tanah papua harus di perhatikan oleh pemerintah daerah provinsi melalui dana Otsus yang ada, ungkap Celsius.

Saya akan berkoordinasi dengan bapak gubernur kita duluh terkait ini lalu kami akan melakukan koordinasi juga dengan gubernur papua juga. Kami juga akan meminta data semua mahasiswa OAP setelah sudah ada kesepakatan dari antar dua gubernur di tanah papua. terang Celsius.

Terkait sarana belajar yang kurang memadai di kampus Unipa seperti fasilitas laboratorium ini pemerintah provinsi akan berkoordinasi dengan rektor Unipa untuk melihat persoalan sarana pra sarana dalam kampus. ungkap Celsius.

Lanjut Celsius, terkait usulan gubernur mahasiswa fakultas teknik terkait aset komputer untuk laboratorium jurusan Teknik Informatika Unipa ini akan disampaikan ke sekda papua barat menjawab aspirasi mahasiswa karena sangat penting bagi pengembangan SDM papua kedepan. Kampus Unipa ini hadir untuk meningkatkan SDM orang papua sehingga pemerintah perlu melihat ini dengan serius. Saya setuju dengan usulan gubernur mahasiswa fakultas teknik ini sehingga selaku staf ahli gubernur yang membidangi aspirasi rakyat akan upayakan untuk dapat direalisasikan oleh pemerintah daerah provinsi, terang Celsius.

Pemprov papua barat juga akan melakukan survey ke kampus Unipa untuk melihat kondisi real yang terjadi di kampus Unipa. ungkap Celsius

(AP/Jim)

No comments