Breaking News

Dana Desa Tidak Menyentuh Rakyat. Aktivis Minta Pemda Bentuk Tim Pencari Fakta Untuk Mengawasi Dana Desa

Imanuel F Dokay, Toko Aktivis Pemuda

Manokwari, Atmimpost- Dengan bergilirnya dana desa di setiap perkampungan di seluruh nusantara, lebih khusus di tanah Papua perlu ada pengawasan yang khusus untuk mengawasi perkembangan dana desa. Hal ini diungkap salah satu tokoh aktivis pemuda Imanuel F.Dokay saat berdiskusi lepas terkait keberadaan penggunaan dana desa di setiap perkampungan di tanah Papua.

Menurut Imanuel, sejak presiden Jokowi turunkan dana desa ke setiap kampung khusus di tanah Papua kebanyakan kepala kampung yang belum tahu cara menajemen pengelolaan keuangan yang baik sehingga terkesan tidak keliatan.ujar Imanuel.

Untuk itu Imanuel mengatakan, pemda harus membentuk tim pencari fakta untuk mencari fakta penggunaan dana desa yang sudah berlangsung kurang lebih satu periode ini. Dalam hal ini menurut Imanuel tujuan bentuk tim pencari fakta ini guna mengawasi setiap penggunaan dana desa. 

Lanjut Imanuel, banyak keluhan masyarakat terkait kejelasan penggunaan desa dari pemerintah desa dan kurang adanya pembangunan desa yang tidak nampak sehingga  pemda perlu melihat persoalan ini dengan bijak karena menurutnya jika tidak pengawasan dari pemerintah maka tidak ada pembangunan di desa, tutur Imanuel.

Hingga kini penilaian di mata publik terutama di kalangan masyarakat akar rumput terkait penggunaan dana desa yang tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang jelas sehingga pemda dituntut untuk membentuk sebuah tim pencari fakta untuk turut mengawasi berjalannya pembangunan desa. 

(AP- Jim)

No comments