Breaking News

Mahasiswa KKN UNIPA Lakukan Aksi Kemanusiaan pada Panti Asuhan Mubri



Manokwari, Atmimpost- Sejumlah Kelompok mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Papua (Unipa)  tahun 2019 yang di tempatkan di 22 kampung pada distrik Manokwari Utara kabupaten Manokwari hari ini Sabtu, 10/08 melakukan aksi kemanusiaan berupa bahkti sosial pada panti asuhan di kampung Mubri.

Dari 22 kelompok mahasiawa KKN yang ditempatkan kampus Unipa di 22 kampung ini masing-masing perwakilan 3-6 mahasiswa turut hadir bersamaan dalam mengambil bagian pada aksi tersebut.

Aksi kemanusiaan ini berupa pembagian bahama seperti beras, sarden, supermi, minyak goreng, susu ultra,  dan biskuit. Selain itu mereka membagikan pakaian layak pake serta peralatan mandi seperti sabun mandi, handuk, sikat gigi dan odol, dan juga mereka membagikan alkitab kepada anak-anak di panti asuhan untuk memiliki alkitab untuk digunakan pada hari ibadah dan juga sebagi pedoman hidup para anak asuhan.

Sabatini Waroy, selaku koordinator aksi ini menjelaskan aksi tersebut merupakan aksi kemanusiaan yang dilakukan atas inisiatif mahasiswa KKN di 22 kampung di distrik Manokwari Utara saat melakukan pertemuan pertama di kantor distrik Manokwari Utara beberapa waktu lalu bersama tim lembaga penelitian dan pengabdian Masyarakat (LP2M) Unipa dan kepala distrik dan staf distrik di kantor distrik Manokwari Utara (pantura).


Lanjut Sabatini, bahan bahan yang dibeli ini dari hasil sumbangan sukarela dari setiap kelompok KKN di 22 kampung di distrik pantura kabupaten Manokwari, dan sumbangan masing masing kelompok KKN sebesar 200 ribu rupiah sehingga total dana yang diperoleh sebesar Rp. 4.400.000; (empat juta empat ratus empat ratus ribu rupiah), jelas Sabatini.

Mahasiswi yang berlokasi KKN di kampung Mubri ini menjelaskan, dari uang hasil sumbangan inilah mereka belanjakan bahan bahan untuk diserahkan ke pantai asuhan di kampung Mubri, tutur Sabatini.

Ini inisiatif kami mahasiswa KKN dari 22 kampung di distrik pantura atas kesepakatan bersama saat pertemuan bersama di kantor distrik pantura beberapa waktu lalu. Dari hasil kesepakatan itulah kita jalankan sumbangan wajib per kelompok KKN menyumbang uang tunai sebesar 200 ribu rupiah sehingga dari hasil itu kami bisa beli bahan bahan dan hari ini kami bisa membagikan ke pantai asuhan di kampung Mubri.

Sabatini menambahkan, tujuan aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN ini bertujuan untuk bantuan kepada anak anak di pantai asuhan, dan juga sebagai bentuk kepedulian yang dilakukan serta aksi berupa pengabdian kepada masyarakat dalam kuliah kerja nyata yang dilakukan selama 2 bulan di lokasi KKN.jelas Sabatini.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kelompok KKN yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan aksi kemanusian ini akhirnya semua bisa berjalan dengan baik hingga selesai.


Aksi kemanusiaan ini dipusatkan di balai kampung Mubri dan dimulai pada pukul 10.00 berakhir pada pukul 12.00 WIT. Pemberian santunan ini diserahkan kepada pihak pengelolah pantai asuhan yang diterima langsung oleh ketua jayasan panti asuhan. Penyeraan bantuan disaksukan oleh sekretaris kampung dan para aparat kampung serta masyarakat kampung setempat.

(AP-Issac)

No comments